FKM Undip Melaksanakan Intervensi Gizi Sensitif melalui Penguatan Surveillans Ibu Hamil dan Baduta untuk Penyelamatan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Kabupaten Temanggung

FKM Undip Melaksanakan Intervensi Gizi Sensitif melalui Penguatan Surveillans Ibu Hamil dan Baduta untuk Penyelamatan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Kabupaten Temanggung

Temanggung - Berdasarkan hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mencapai 359 per 100.000 KH dan Angka Kematian Bayi (AKB) mencapai 32 per 1000 KH. Sebagian besar kematian anak di Indonesia saat ini terjadi pada masa bayi baru lahir (neonatal), sebanyak 19 per seribu. Untuk dapat menurunkan kematian ibu dan anak perlu dilakukan pelayanan kesehatan ibu dan anak yg berkualitas.


Dalam RPJMN 2010-2014, perbaikan status gizi masyarakat merupakan salah satu prioritas dengan menurunkan prevalensi balita gizi kurang (underweight) dan balita pendek (stunting). Salah satu upaya sensitive yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan Kesehatan masyarakat bagi bumil dan baduta yang bersumber dari pencatatan data di Buku KIA. Berdasarkan hasil kajian pada tahun 2016 di Kabupaten Temanggung, di 3 wilayah kerja puskesmas menunjukkan masih kurangnya kelengkapan data terutama pada aspek gizi, menunjukkan kurangnya perhatian pentingnya pencatatan data Gizi dalam riwayat pelayanan ibu hamil maupun perkembangan gizi balita.


Pada tahun 2016 atas pembiayaan dari Direktorat Gizi Masyarakat, Kemenkes RI, telah dihasilkan Sistem Informasi surveilans KIA dan Gizi yang dikembangkan berdasarkan Buku KIA. Hasil kajian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berupa aplikasi yang berbasis web agar bisa digunakan secara multiuser serta sistem menunjukkan bahwa dari aspek kemudahan, kelengkapan dan kegunaan adalah sangat baik dan layak untuk digunakan. Pengelolaan data akan lebih mudah menggunakan system informasi berbasis komputer. Informasi akan lebih mudah diolah sesuai kebutuhan, termasuk untuk manajemen program.


Di tahun 2017 Fakultas Kesehatan Masyarakat Univrsitas Diponegoro menindaklanjuti dengan mengaplikasikan system surveilans Gizi ibu dan Baduta dengan melakukan penataan system pencatatan Buku KIA dan pelaporan PWS yang mendukung program Gizi bagi ibu hamil dan Gizi baduta. Kegiatan ini bertujuan supaya kelengkapan dan akurasi pencatatan Buku KIA meningkat di level Bidan Desa, menghasilkan model pengelolaan data untuk Surveilans Gizi serta dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan data surveilans Gizi bumil dan baduta berbasis komputer.


Pelatihan pengolahan model surveilans KIA dan gizi dilaksanakan dua hari pada tanggal 2-3 Oktober 2017, peserta pelatihan adalah seluruh bidan desa dan bidan koordinator sebanyak 36 orang di wilayah kerja DKK Temanggung. Dilaksanakan juga Pendampingan aplikasi SIM Surveilance KIA dan Gizi (SISKIAZI) yang diselenggarakan di dua puskesmas yaitu Puskesmas Jumo dan Puskesmas Dharmarini dihadiri oleh beberapa Bidan desa dan Bidan koordinator.


(FKM-UNDIP/HUMAS)


NEWS
  Deadline for abstract submission: June 11th, 2018 |   Notification of abstract acceptance: June 25th 2018 |   Early bird deadline: June 29th 2018