Fire Fighting & Rescue Training Membentuk Generasi Baru yang Siap Melawan Api

Fire Fighting & Rescue Training Membentuk Generasi Baru yang Siap Melawan Api

Semarang - Telah di laksanakan kegiatan Fire Fighting And Rescue Training 2017 yang di adakan oleh KSR PMI unit FKM Undip bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang telah dilangsungkan di Hall D FKM Undip pada jam 08.00 WIB. Upacara Pembukaan FFRT 2017 dihadiri oleh Yuliani Setyaningsih, SKM, M.Kes selaku perwakilan dari Dekan FKM Undip, Bina Kurniawan S.KM, M.Kes selaku pembina KSR PMI Unit FKM Undip, dan tamu undangan Hadi Anwar S.Kom.

Acara ini diawali dengan materi pertama yaitu tentang "PP (pertolongan pertama) pada korban kebakaran"yang dijelaskan oleh Bapak Ahmad Habib dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, pada sesi ini terdapat praktek dan sesi tanya jawab. Materi kedua yaitu tentang "Teori Api Dan Pengenalan Alat-Alat Kebakaran Tradisional Dan Modern"oleh Kustriwandono, dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, pada kegiatan ini terdapat sesi tanya jawab dengan peserta. Materi ketiga yaitu "evakuasi" oleh Suhartoto, S.H dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang pada sesi ini terdapat sesi praktek dan sesi tanya jawab.

Pada saat makan siang, panitia FFRT 2017 mengundang Ukm-f Studio 8 untuk memeriahkan kegitan FFRT 2017. Setelah solat dan makan siang kegiatan FFRT 2017 selanjutnya yaitu Praktik menggunakan peralatan pemadam kebakaran Alat pemadam api traditional (APAT) dan alat pemadam api ringan (APAR) bersama dinas pemadam kebakaran di halaman dekanat FKM Undip. Kegiatan selanjutnya adalah simulasi besar yaitu Simulasi penanggulangan bencana kebakaran. Pada simulasi ini terdapat proses evakuasi dan pemadaman api pada kebakaran yang di laksnakan di Gedung D lantai 1 dan 2, pada kegiatan ini perserta di bagi atas 2 kelompok besar.

Setelah simulasi besar, peserta FFRT 2017 melakukan praktek mengunakan hidran yaitu dengan mobil pemadam kebakaran, peserta berkesempatan merasakan sensasi memadamkan api seperti pemadam kebakaran, peserta melakukannya dengan antusias. Peserta FFRT 2017 pun kembali ke Hall D dengan basah-basah dan berganti baju, kegiatan selanjutnya yaitu undian berhadiah untuk 2 orang, pengumuman peserta terbaik dan pengumuman pemenang photocontest. Dengan di akhiri pembacaan doa maka berakhirlah kegiatan FFRT 2017.

Fire Fighting And Rescue Training adalah kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk memberikan kecakapan dasar tentang pertolongan pertama pada kebakaran dan cara menanggulangi api kepada seluruh peserta Se Jateng-DIY. Selain itu, Fire Fighting And Rescue Training ini dilaksanakan sampai jam 18.00 WIB. Jumlah peserta dalam kegiatan Fire Fighting And Rescue Training ini adalah 165 orang peserta. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam ffrt 2017 ini, diharapkan dapat mencetak generasi-generasi baru yang tanggap dan memiliki kecakapan dalam melakukan kegiatan-kegiatan pertolongan pertama dan penanngulangan api dalam kebakaran.

(FKM-UNDIP/HUMAS)


NEWS
  Deadline for abstract submission: June 11th, 2018 |   Notification of abstract acceptance: June 25th 2018 |   Early bird deadline: June 29th 2018