ABSTRAK
Judul: FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI TETANUS TOXOID (TT) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS LEKSONO I KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 1996 (1996 - Skripsi)
Oleh: JUNAEDI -- E.021940081
Kata Kunci: IMUNISASI TT

Rendahnya hasil cakupan imunisasi TT lengkap pada ibu hamil berarti akan mengurangi daya guna imunisasi ini dalam menimbulkan kekebalan dan melindungi bayi dan ibu hamil dari penyakit tetanus. Keadaan ini dengan sendirinya akan mengurangi keberhasilan program imunisasi seara keseluruhan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, timbul pertanyaan faktor-faktor apakah yang berkaitan dengan rendahnya hasil cakupan imunisasi TT lengkap pada ibu hamil.

Di Puskesmas Leksono I Kabupaten Wonosobo hasil cakupan imunisasi TT lengkap pada ibu hamil masih jaun di bawah target dan paa tiga tahun terakhir mempunyai kecenderungan menurun, keadaan inilah yang menarik untuk dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang berkaitan dengan kelengkapan imunisasi TT pada ibu hamil.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian diskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Data primer dikumpulkan dengan cara melakukan wawanvara dengan responden sebanyak 120 sampel.

Untuk mengetahui ada tidaknya kaitan dari faktor-faktor yang diteliti dilakukan uji statistik dengan menggunakan chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berkaitan dengan kelengkapan imunisasi TT pada ibu hamil adalah pengalaman hamil, pengetahuan ibu hamil tentang imunisasi TTm pendidikan formal ibu hamil, dukungan pamong/TOMA dalam menggerakkan sasaran, dukungan kader dalam memotivasi sasaran dukungan orang yang berkaitan dalam keluarga dan motivasi petugas imunisasi.

Agar hasil cakupan imunisasi TT lengkap pada ibu hamil dapat meningkat, maka faktor-faktor diatas perlu mendapat perhatian dan diberi prioritas jika akan dilakukan intervensi.

(ARH/ 021003)



>> H.E.L.P. <<
HOME
©opyleft 2003 by solpro dot net