ABSTRAK
Judul: HUBUNGAN STATUS GIZI DAN POLA PEMBERIAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN PNEMONIA PADA BAYI DI DESA PENDEM KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT (2002 - Skripsi)
Oleh: ZULHAKIM -- E2A300147
Kata Kunci: STATUS GIZI, MP-ASI, PNEMONIA, BAYI, DESA PENDEM

Pnemonia adalah peradangan dari parenkim paru dengan atau tanpa disertai infiltrasi dari sel radang ke dalam dinding alveoli dan rongga interstisium. Hampir 50% dari angka kematian kasar di negara berkembang berasal dari kelompok balita, yang setengahnya terjadi pada masa bayi. Terjadinya Pnemonia pada bayi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : status gizi (LLA yang kurang dari 12,5 cm), higiene sanitasi yang masih rendah, dan menyangkut pula pola pemberian MP-ASI perilaku masyarakat dalam mencari pengobatan serta pelayanan kesehatan yang ada.

Penelitian ini adalah jenis penelitian Explanatory yang bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi danpola pemberian MP-ASI dengan kejadian Pnemonia pada bayi dengan desain penelitian yang bersifat cross sectional. Populasi penelitian adalah semua bayi yang telah diambil berdasrkan sistematic random sampling sebesar 99 sampel dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat (deskripsi)dan analisis bivariat (Chi Square).

Didapatkan 96% bayi berstatus gizi baik, 40,4% bayi dengan pola pemberian MP-ASI kurang dan 19,2% bayi menderita Pnemonia. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan status gizi dengan kejadian Pnemonia pada bayi (PMS=0,022) dan kekuatan hubungan termasuk sedang, dengan nilai koefisiensi kontingensi 0,28. begitu juga halnya dengan hubungan pola pemberian MP-ASI dengan kejadian Pnemonia pada bayi terdapat hubungan (PMS=0,00) keeratan hubungan termsuk sedang dengan nilai koefisien kontingensi 0,39. perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi terjadinya Pnemonia pada bayi di Desa Pendem, Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah NTB.
(AR/ 270104))



>> H.E.L.P. <<
HOME
©opyleft 2003 by solpro dot net